Sebab-sebab penolak keburukan #1 – #5

Sebab-sebab Penolak Keburukan #1

Memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan pendengki, memperbagus doa tersebut dan berlindung diri kepada-Nya, sebagaimana firman Allah Ta’ala.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5) [الفلق: 1-5]

“Katakanlah: “Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (Al-Falaq: 1-5)

Allah Ta’ala Maha Mendengar orang yang memohon perlindungan kepada-Nya, Maha Mengetahui perkara yang dimintakan perlindungan, Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah Dzat satu-satunya Yang dimintai perlindungan. Tidak ada satupun dari makhluk-Nya yang layak dimintai perlindungan dan tidak ada seorangpun selain-Nya yang layak sebagai tempat berlindung. Namun Dialah Allah Pelindung orang-orang yang memohon perlindungan, menyelamatkan dan menjaga mereka dari keburukan yang mereka mintakan perlindungan.

Hakikat isti’adzah (memohon perlindungan) adalah lari menyelamatkan diri dari sesuatu yang engkau takutkan kepada Dzat yang bisa menyelamatkan dan menjagamu dari hal tersebut. Tidak ada yang bisa menjaga seorang hamba dan tidak ada yang kuasa melindunginya kecuali Allah. Allah Yang Maha Suci sudah cukup bagi orang yang bertawakkal kepada-Nya. Allah sudah cukup bagi orang yang berlindug diri kepada-Nya. Dialah Allah Dzat yang memberi keamanan bagi orang-orang yang takut. Dialah Allah yang menolong orang-orang yang teraniaya. Dialah Allah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

http://www.kesehatanmuslim.com
@KesehatanMuslim

Sebab-sebab Penolak Keburukan #2

Bertakwa kepada Allah. Takwa kepada Allah dan menjaga-Nya adalah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Barangsiapa bertakwa kepada Allah maka Allah sendiri yang akan menjaganya dan Allah tidak akan menyerahkannya kepada orang lain. Allah Ta’ala berfirman,

إِنْ تَمْسَسْكُمْ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْ وَإِنْ تُصِبْكُمْ سَيِّئَةٌ يَفْرَحُوا بِهَا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ [آل عمران: 120]

“Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.” (Ali-‘Imran: 120)

Rasulullah bersabda kepada Ibnu Abbas ,

اِحْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، اِحْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ،

“Jagalah Allah niscaya Dia menjagamu, jagalah Allah niscaya engkau mendapati-Nya di hadapanmu.”

Maka barangsiapa menjaga Allah niscaya Allah akan menjaga-Nya dan dia akan menemukan Allah di hadapannya ke arah manapun dia menghadap. Barangsiapa dijaga oleh Allah dan Allah berada di hadapannya, lantas siapakah yang membuatnya takut?

http://www.kesehatanmuslim.com
@KesehatanMuslim

Sebab-sebab Penolak Keburukan #3

Bersabar atas permusuhan orang yang dengki tersebut, tidak membunuhnya, tidak melaporkannya, dan tidak seharusnya menceritakan gangguan orang tersebut kepada orang lain. Tidak ada yang lebih membantu menghadapi pendengki dan orang yang memusuhi semisal bersabar terhadap orang tersebut. Setiap kali kebenciannya bertambah maka kebenciannya itu menjadi tentara dan kekuatan bagi orang yang dia benci. Dengan kebenciannya itu tanpa sadar sebenarnya dia telah memubunuh dirinya sendiri. Kebencian itu adalah anak panah yang dia lepaskan dari dalam hatinya dan kembali mengenai dirinya sendiri.

وَلَا يَحِيقُ الْمَكْرُ السَّيِّئُ إِلَّا بِأَهْلِهِ [فاطر: 43]

“Rencana yang jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri.” (Faathir: 43)

http://www.kesehatanmuslim.com
@KesehatanMuslim

Sebab-sebab Penolak Keburukan #4

Bertawakkal kepada Allah.

Barangsiapa bertawakkal kepada Allah maka Allah yang akan mencukupinya. Tawakkal adalah sebab paling kuat yang bisa dipergunakan seseorang untuk menolak gangguan makhluk, kezhaliman, atau permusuhan mereka. Barangsiapa dicukupi oleh Allah, maka tidak ada satupun bagian musuh untuk mencelakakannya. Seandainya seorang hamba bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, hampir-hampir langit dan bumi dan orang-orang yang ada di dalamnya membuatkan jalan keluar untuknya, mencukupi keperluannya, dan menolongnya.

http://www.kesehatanmuslim.com
@kesehatanMuslim

Sebab-sebab Penolak Keburukan #5

Mengosongkan hati agar tidak sibuk memikirkan orang yang dengki kepadanya, menghapus orang tersebut dari ingatan setiap kali terbesit dalam fikiran.

Tindakan ini merupakan obat yang sangat bermanfaat dan sebab yang kuat untuk menolak kejahatan orang yang dengki. Sesungguhnya hal ini ibarat orang yang sangat diinginkan oleh musuhnya untuk ditangkap dan disiksa. Ketika musuh itu tidak menemukannya, baik dia dan musuh tidak bisa saling memegang, bahkan dia menjauh sehingga musuhpun tidak dapat menemukannya. Namun apabila keduanya saling tarik-menarik dan masing-masing saling terikat dengan lawannya maka di situlah timbul keburukan. Demikianlah keadaan ruh-ruh yang jahat. Apabila masing-masing ruh saling tarik-menarik dengan yang lain maka ruh-ruh itu akan goyah dan keburukan akan menetap sampai salah satu dari keduanya binasa. Barangsiapa menarik kembali ruhnya dan menjaganya dari memikirkan orang yang dengki kepadanya dan tidak terikat dengan orang tersebut, sebaliknya dia menyibukkan fikirannya dengan perkara yang lebih bermanfaat, maka orang yang dengki tersebut akan memakan dirinya sendiri. Sesungguhnya dengki itu seperti api, apabila tidak menemukan sesuatu yang dapat dibakar, dia akan membakar dirinya sendiri.

http://www.kesehatanmuslim.com
@KesehatanMuslim

Tentang Auliyanti

Simple person, manusia bodoh yg sedang belajar dan terus memperbaiki diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s