Mutiara Hikmah

By @salimafillah

لو شغلك ما يعنيك تركت ما لا يعنيك.

Jika kau disibukkan hal yang bermakna; kan menghindarlah perkara tak berguna.
-Fudhail ibn ‘Iyadh-

AstaghfiruLlah. Amat berbahaya jika kita berbuat buruk pada orang & ternyata senjata yang dimilikinya adalah; “HasbunaLlah wa ni’mal Wakil.”

Segala luka & kecewa tampaknya kan malu & meniada; ketika kita insyafi bahwa Allah Yang Maha Mengatur tak pernah keliru, tak pernah aniaya.

اللهم اجعل عمري ذكرآ لك حتى ألقاك~

Ya Allah, jadikan sepanjang umurku sebagai dzikir mengingatMu selalu, hingga aku bertemu denganMu.

اتخذ الليل جملا تدرك به أملا

Jadikan malam sebagai unta tunggangan, tuk kau raih dari Allah segala yang jadi angan.
{Az Zarnuji}

Iri pada apa yang DIMILIKI mencederai hati. Iri pada yang DIINFAQKAN menguatkan jiwa. Cemburu pada ILMU yang DIAMALKAN, menyemarakkan cita:)

و ما تفعلوا من خير يعلمه الله..

Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; niscaya Allah mengetahuinya..
{QS2:197}

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; melihatnya, mencatatnya, memujinya, melipatkan, & membalasnya; sempurna.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; meski tersembunyi, walau rahasia; meski tak diakui, walau dirasa tiada.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; kecil ataupun besar; sedikit maupun banyak; sekali, juga berulang-ulang.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; siang ataupun malam, pagi maupun petang, dalam terik, dingin, & hujan.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; dengan itu Dia kurniakan mudah bagi yang sulit, lapang bagi yang sempit.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; menggugur dosa, menutup aib, menaikkan derajat, memudahkan jalan surga.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; pujian, terima kasih, & balasan dari langit amat cukup jadi pembahagia.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; raihlah lezatnya ikhlas; merahasiakan ‘amal seakan menyembunyikan dosa.

“Apapun yang kalian kerjakan berupa kebaikan; Allah mengetahuinya”; jaminan dariNya, agar kita terus berkeshalihan walau dunia menutup mata.

Bersyukur itu melatih ketakjuban. Jika berhasil menemukan kebahagiaan pada hal-hal kecil, yang besar akan jadi dahsyat & terluaslah manfaat.

Bersyukur itu ditambah. Kita mengungkapkan ‘Terima Kasih’. Apa yang sudah kita TERIMA akan ditambah dengan KASIH: rahmatNya nan tiada batas.

Bersyukur itu memperindah. Senyum yang menghias bibir, ucapan yang mendamai hati, berbagi maslahat yang mengayakan cinta. Semua jadi pesona.

Bersyukur itu menyibak kabut; menuntun ke jalan-jalan kebaikan yang kadang tersembunyi di balik kemudahan terabaikan & kesulitan menghadang.

Jika setiap hal yang tak sesuai keinginan dianggap masalah, dunia kan terasa menakutkan. Cukuplah masalah itu, jika diri mendekati murkaNya.

Waktu terbaik yang dijalani hamba dalam hidupnya adalah; ketika dia paling merasakan keperluan, kebergantungan, & kebersandaran pada Allah.

Manusia memandang wajah & tampilan; maka kita bercermin dengan doa agar dibaikkan akhlaq; sebab ia penggenap yang Allah tatap; hati & ‘amal.

Syaithan terusir oleh dzikir. Tapi hati berpenyakit sediakan makanan lezat untuknya. Ia kan selalu kembali pada si sombong, tamak, & dengki.

Kadang; kebaikan terhina & kejahatan hakiki tampil jelita. Sungguh ia sementara. Sebab kebenaran-lah yang lebih mesra dengan sang waktu.

Kematian si shalih adalah rehat bagi jiwanya nan tak henti berbakti. Kematian si salah adalah rehat bagi manusia dari keburukannya.
‘Ali RA

Tentang Auliyanti

Simple person, manusia bodoh yg sedang belajar dan terus memperbaiki diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s