Tingkat bahaya maksi’at

1) Tingkat bahaya maksiat bertingkat-tingkat sesuai pelakunya. Pertama; yang bermaksiat sebab tak tahu ilmu & belum sampai hujjah padanya.

2) Maka yang demikian semoga Allah ampuni; terlebih jika datang ilmu padanya lalu dia bertaubat nashuha. Kedua; yang bermaksiat & tahu..

3) ..bahwa dia berdosa pada Allah; melakukannya dalam sunyi & rahasia; malu jika terbuka aibnya. Yang demikian moga tertuntun taubatnya.

4) Yang ketiga; tahu bahwa ianya dosa; tapi bermaksiat dengan terang-terangan; meski dalam hatinya ada galau menyiksa. Ini cukup berbahaya.

5) Yang ke-4; bermaksiat terang-terangan; mengumumkan & bahkan membanggakan dosanya. Ini lebih berbahaya lagi; kian kecil peluang diampuni.

6) Yang ke-5; bermaksiat terang-terangan, bangga akan dosanya, & mengajak-ajak orang lain untuk turut berbuat. Maka ini sungguh terlaknat.

7) Dan ke-6; yang paling nista; bermaksiat terang-terangan, berbangga, mengajak-ajak, & bahkan menyimpangkan agama tuk cari pembenarannya.

8) Na’udzu biLlah. Semoga Allah menjauhkan kita dari kemaksiatan walau hanya sedenyut nadi, setarik nafas, sekedip mata, & selangkah kaki.

By Ust @salimafillah

Tentang Auliyanti

Simple person, manusia bodoh yg sedang belajar dan terus memperbaiki diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s