»»

»Dalam rumahtangga & pergaulan; amanah Allah ketika putus & tercerai: “..Dan jangan lupakan keutamaan yang ada di antara kalian..” {QS2:273}.

“..Dan jangan lupakan keutamaan yang ada di antara kalian..”; tutup aibnya, jaga rahasianya, maafkan kesalahannya, mohonkan ampun untuknya.

.Dan jangan lupakan keutamaan yang ada di antara kalian..”; bela kedudukannya, sebut kelebihannya, hargai kebaikannya, luaskan peluangnya.

Dan jangan lupakan keutamaan yang ada di antara kalian..”; di sisi ‘Ali dalam Waq’ah Jamal menghadapi ‘Aisyah; ‘Ammar teguhi kaidah ini.

Saat itu seorang prajurit menghina ‘Aisyah. Maka ‘Ammar ibn Yasir menukas, “Diam kau hai si buruk laku! Demi Allah aku tahu, bahwa ‘Aisyah..
istri RasuliLlah di dunia & di surga; maka dia Ibunda kita selamanya. Hanya kini Allah menguji; pada ‘Aisyah kah kita taat, atau padaNya!”

Dan jangan lupakan keutamaan yang ada di antara kalian..”; hubungan lebih berharga dari keadaan, maslahat lebih bermakna daripada soalan.

»»Betapa merdeka yang mampu memenuhi hak cinta yang hadir dalam sesaat; & mampu mengambil manfaat walau hanya satu kalimat.
-Imam Asy Syafi’i-

»»»”Sungguh Kami akan turunkan padamu perkataan yang berat”; yang andai nuzul pada gunung maka pecahlah ia berantakan karena takut pada Allah.

“Sungguh Kami akan turunkan padamu perkataan yang berat”; yang di dalamnya terdapat sebab kemuliaan tuk kalian, apakah kalian memperhatikan?

“Sungguh Kami akan turunkan padamu perkataan yang berat”; yang dimudahkan ‘ibrahnya dengan permisalan; maka adakah yang mengambil pelajaran?

“Dan bacalah Al Quran dengan tartil”; dengan hati penuh penghormatan, dengan akal mentadabburi pemahaman, & lisan menetapi kaidah pelafalan.

»»»»Untuk menuju ikhlas dihajatkan Tarbiyyatun Niyah. Untuk menjaga ikhlas diperlukan Tashhihun Niyah. Tiada jeda, kita berurusan dengan niat.

Perjuangan melawan riya’ -keinginan menampak ‘amal-; ujar Salafush Shalih; begitu berat. Ia patah-tumbuh hilang-berganti dalam aneka bentuk.

Maka barangsiapa takut akan kebesaran Rabbnya & mencegah diri dari hawa nafsunya; maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya. {QS79:40-41}

Moga Allah jaga kita senantiasa merasa asing di dunia; dengan itu terpelihara rindu; dalam khusyu’ mentaatiNya.

Tweet Ustadz @salimafillah

Tentang Auliyanti

Simple person, manusia bodoh yg sedang belajar dan terus memperbaiki diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s