Perjalanan busana muslimahku

Alhamdulillah puji syukur kupanjatkan pada Allah سبحانه و تعالى yg memberiku kesempatan ini. Sudah satu tahun ini berhijrah.(Malu mengingat di usia 37 baru tergerak).
November akhir 2011 ketika memutuskan untuk memakai hijab.. Saat itu belum banyak yg kuketahui ttg perintah Allah سبحانه و تعالى untuk muslimah ini. Semoga istiqomah..

Begitu banyak ujian ketika pertama pakai hijab. Tapi Bismillah, sambil memakai kerudung aku berkaca menangis dan berkata.. “Ya Allah aku ingin berhijrah menjadi muslimah yg Engkau Ridhoi. Aku memakai ini karena Mu dan bimbinglah dijalan yg Engkau Ridhoi”

Seperti yg banyak kulihat, itulah yg kulakukan dlm memakai hijab. Hanya berbekal pakaian yg kupunya ditambah dg beberapa hijab yg beli di toko busana muslimah yg ada. Beruntung kebanyakan pakaian yg ada longgar, tdk terlalu ketat. Dan entah kenapa waktu itu model hijabku pun sederhana saja, tdk yg aneh-aneh, dililit atau gaul, hanya bahannya tipis, krn kebanyakan di gerai itu yg dijual.

Pandangan orang heran dengan perubahanku tidak membuatku surut. Memperbaiki ibadah-ibadah yg wajib, dan terus belajar semampunya dengan keadaan dan sarana yg terbatas.Mencoba membuka diri(mendengar,menerima masukan-masukan) mencari ilmu, ya belajar dari lingkungan dan media social. Bekalnya banyak baca apa aja tentang islam.

Semuanya serba terbatas, tapi tekat sudah bulat, perlahan – lahan Allah seperti mengarahkan untuk semakin menyempurnakan pakaian muslimahku menjadi syar’i. Lewat media social Tweeter dan Facebook aku banyak tahu tentang hukum2 dan dalil berhijab. Ya, dengan follow dan like fan page fb orang-orang saleh (semoga Allah merahmati mereka semua yg berdakwah lewat dunia maya karena Allah untuk kemajuan islam yang kaffah) . Bahkan aku seperti lahir kembali dan mengenal islam dengan lebih baik, akhirnya jatuh cinta dengan islam.. Ooh indahnya islam itu. Semakin mengenal bahkan semakin cinta.(Ini kadang membuatku malu dan menyesali masa jahiliyahku)

Januari 2012 ada tawaran kerja, dan kondisi saat itu yg mendesak,juga hati yg masih berjuang untuk mencari cari ketenangan dan bekal yg masih serba seadanya, mengiyakan tawaran kerja dg mengadakan perjanjian untuk diberi ijin shalat tepat waktu. Alhamdulillah, pemilik perusahaan setuju. Dan lagi tempat kerja juga tdk terlalu jauh dr rumah.

Bulan maret 2012 mulai bikin blog, tujuannya untuk belajar dan pengingat diri. Dr hasil browsing dan membaca link – link di tweeter dan fp fb yang bermanfaat ku salin di blog ini. Ya supaya aku bs membaca ulang dg mudah kapan aja, untuk selalu ingat nasehat-nasehat dan ilmu-ilmu yg sudah kubaca dulu. Itulah maksudnya.

April 2012 memutuskan resign, semua kulakukan krn kerja diluar membuatku gelisah dan sering timbul pertanyaan “ridhokah Allah dg yg kulakukan ?” Aah ternyata bekerja dan mempunyai penghasilan tetap tidak mampu membuatku tenang. Allah, bimbing aku menjadi hambaMu yg Engkau ridhoi…(Sekarang bekerja di rumah dg membuka warung makan serba kremes, hatiku masih mempunyai keinginan (mimpi) mempunyai butik baju muslimah syar’i)
Dari November 2011 sampai April 2012 ini, Subhanallah.. CaraMu membuatku lebih baik begitu dasyat.. Engkau mengajariku untuk “kembali”. Untuk hanya percaya dan bersandar padaMu saja. Untuk hanya meNuhankan Engkau saja.

Juni 2012 Allah memberikan rizki untuk membeli baju Muslimah syar’i.. Itulah baju muslimah syar’i pertamaku. Seperti mukena dan rasanya makin nyaman. Lingkungan memandang aneh perubahanku yg makin “jauh” menurutnya. Inilah yg kucari selama ini, inilah salah satu sumber ketenangan dan mimpiku dulu. ( Dulu dimasa jahiliyahku selalu memimpikan memakai hijab, dan entah kenapa aku selalu ingin pakai hijab seperti yg dipakai teh Ninih istri Aa Gym )

Semua berjalan sesuai kehendakNya..Allah seperti mengarahkan..mengaliiir semua. Belajar untuk tetap tenang, dan selalu mengingatkan hati untuk melakukan semua dengan “LilLah”.. Mengingatkan untuk tidak minder, tidak sombong dan tidak merasa paling benar. Dua atau tiga bulan berikutnya baju muslimah syar’i yg selajutnya.. Dan Alhamdulillah, sekarang sudah mempunyai beberapa,juga beberapa kerudung lebar,panjang dan tebal..

Dan kata-kata ini mungkin tepat menggambarkan diriku, diambil dr tweet Ustadz Felix Siauw dan ku edit seperlunya sesuai dg keadaan diriku ;
Jilbab lebarku bukan pernyataan aku tak pernah salah| aku alim| aku suci|aku plng benar…Tapi sebuah pernyataan “aku ingin ta’at pd Allah & memperbaiki diri ”

Mudah2n Allah mengampuni kesalahan-kesalahanku dimasalalu, (masa jahiliyahku).. Semoga Allah membimbingku untuk selalu menjadi hamba yang ta’at & istiqomah.. Aamiin.

Tak mudah, tapi semua LiLlah (dikatain yanti kenapa? sok alim, belajar ilmu apa? Jangan-jangan sesat, ada apa kok berubah?,kerudungnya skrg sisa ya kainnya,ga ngaca dulu gimana, bu haji,dll ) ya aku maklum saja, dan semoga semua itu membuat Allah mengampuni dosa dosaku dahulu.

Ketenangan dan kebahagiaanku ini ingin kubagi untuk keluargaku (terutama putriku, maafkan mama nak karena tak mendidikmu dengan agama yg baik dulu ) dan saudari -saudariku semua yg belum berhijab, mudah2an bermanfaat.. Semoga Allah merahmati kalian semua..

Semarang, 9 Safar 1434 H….23 Desember 2012.

Noted; 1. foto di blog ini ku upload bln maret atau april, masih baru pake hijab sebelum tahu lebih banyak ttg ilmu agama,(malu rasanya dulu sering upload foto di media social) ingin mengganti dg bunga tp harus buka pakai PC, blm ada kesempatan. 😦

Tentang Auliyanti

Simple person, manusia bodoh yg sedang belajar dan terus memperbaiki diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s