Barakah itu…

Bismillahirahmanirahim

Allah Maha Pengasih tiada pilih; dunia dikaruniakan tuk yang dibenci maupun dicinta. Tak perlu disedihkan kekalahan pada perlombaan atasnya.

Tapi jika tentang akhirat; Allah Maha Penyayang tanpa batas berbilang; hanya untuk hamba yang diridhai & dicintaiNya. Rebutlah senantiasa.

Iman memang tak menjamin kita untuk selalu berlimpah & tertawa. Tapi ia menyediakan rengkuhan lembutNya; dalam apapun dera yang menimpa.

Barakah adalah bertambahnya kebaikan dalam apapun keadaan. Kebaikan pada si hamba; dalam sakit & ‘afiyah, menang & kalah, nikmat & musibah.

Betapa barakah Nabi & para sahabat; meski lebih banyak sempit dari lapangnya, susah dari senangnya, & tak selalu menang dalam perangnya.

Betapa barakah kepemimpinan ‘Umar; ada kegemilangan memang; tapi juga 2 tahun paceklik berat kekeringan ‘Ramadah’ yang mencabik negara.

Sungguh keliru anggapan jika pemimpin shalih & rakyat bertaqwa maka musibah akan sama sekali tiada. Tidak. Barakah itu warna-warni jalannya.

Seperti ujar ‘Abdurrahman ibn ‘Auf pada ‘Umar saat Ramadah, “Dulu di zaman jahiliah, paceklik seperti ini sudah membuat orang saling bunuh.”
“Tapi dalam kepemimpinanmu hai Amiral Mukminin, mereka semua menampakkan kesabaran bersama kesabaranmu; bahkan mengutamakan saudaranya.”
Hingga jelata macam Ahnaf ibn Qais yang ambruk kelelahan membagi ransum berdoa, “Rabb, jangan murkai aku jika masih ada hambaMu yang lapar.”

Ketika Sa’d ibn Abi Waqqash mengirimkan ghanimah perbendaharaan Kisra, ‘Umar berkata, “Betapa amanah panglima & pasukan ini. Betapa amanah!”
Maka sahut ‘Ali, “Sebab kau pemimpin yang tak tergoda dunia, maka demikian pula rakyatmu. Andai kau terrayu, pasti mereka memperebutkannya.”

RadhiyaLlahu ‘Anhum Ajma’in. Itulah barakah; tampak pada jiwa-jiwa mulia & tanggapan mereka; bukan pada keadaan & kejadian yang menimpa.

(From kultweet Ustadz Salim A Fillah @salimafillah ) semoga menjadi Ibrah buat kita 🙂

Tentang Auliyanti

Simple person, manusia bodoh yg sedang belajar dan terus memperbaiki diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s